Orang-orang, republik AOS dari cina adalah negara komunis dan maka pemerintah, melalui undang-undang yang disahkan oleh masyarakat nasional, kongres AOS, adalah pengaruh besar dalam akuntansi dan audit. Sedangkan sejarah akuntansi di cina dapat ditelusuri kembali dua ribu tahun atau lebih, itu hanya pada awal 1900-an yang double-entry pembukuan diperkenalkan. Pada tahun 1940-an, sistem tersebut berorientasi barat akuntansi yang establlished di perusahaan besar, dan mengajar di universitas-universitas semakin dipengaruhi oleh ide-ide dari kerajaan bersatu dan amerika serikat. Namun, berdirinya RRC pada tahun 1949 menyebabkan perubahan dramatis dari pendekatan dengan introduct akuntansi Uni Soviet-gaya dan penekanan pada keseragaman dan kontrol terpusat untuk tujuan perencanaan nasional. Tapi sejak tahun 1979, pendekatan ini telah semakin dimodifikasi berikut Cina, AOS baru, pintu Äúopen, kebijakan Äù ke dunia luar dan program ambisius untuk modernisasi. Setelah agaian, ide dan informasi dari negara-negara Barat dan bahkan di seluruh dunia dicari untuk membantu Cina mempromosikan konsep ekonomi pasar sosialis didasarkan pada kepemilikan publik dan perencanaan sentral, tetapi dengan sekarang memainkan peran yang semakin penting diantaranya. Dengan reformasi ekonomi dan bergerak ke ekonomi pasar yang lebih berorientasi datang serangkaian reformasi akuntansi. Hukum accoounting Rakyat, AOS Republik Cina, yang diadopsi tahun 1985 nad direvisi pada tahun 1993, didirikan prinsip umum tentang sifat dan peran akuntansi dan diberdayakan Departemen Keuangan (Depkeu) untuk mengeluarkan standar akuntansi (berlaku untuk semua perusahaan) . Kekuatan dari Departemen Keuangan ditegaskan dalam UU Perusahaan baru Rakyat, AOS Republik Cina yang mengatur perseroan terbatas, lulus pada tahun 1993 dan efektif 1 Juli 1994. Sementara peraturan perusahaan patungan, misalnya, telah diterbitkan oleh Depkeu mengikuti UU 1985 Akuntansi, pada tahun 1992 ada revisi komprehensif peraturan ini dengan pengenalan Enterprise baru. Sebuah undang-undang baru tentang Akuntansi Peraturan Share Enterprise juga diperkenalkan. Kemudian pada tahun 1992, tahap berikutnya reformasi ditandai dengan diberlakukannya th Standar Akuntansi untuk Usaha, yang pertama akan dikeluarkan oleh Departemen Keuangan. Standar akuntansi baru yang diterbitkan oleh Depkeu, efektif 1 Juli 1993, merupakan perubahan besar pendekatan dalam akuntansi Cina dalam semua perusahaan sekarang harus mematuhi seperangkat prinsip akuntansi yang terpadu. Ini dapat dibandingkan dengan pendekatan lama diambil dalam peraturan akuntansi, yang diarahkan untuk tipe tertentu kepemilikan atau industri. Pada waktunya diharapkan bahwa serangkaian standar akuntansi akan menyusul peraturan akuntansi yang berlaku. Sementara itu, standar akuntansi yang baik dan peraturan akuntansi yang wajib, meskipun yang terakhir telah telah direvisi sebagai pengaturan translasi untuk mematuhi prinsip yang ditetapkan dalam standar akuntansi yang pertama.
Namun, yang paling penting adalah contetol yang standar akuntansi yang baru. Ini merupakan era baru dalam bidang akuntansi Cina, yang didasarkan pada pendekatan yang berorientasi pasar barat daripada gaya serikat tua soviet. Dana akuntansi, berdasarkan kesetaraan sumber dana dengan aplikasi dana, telah dihapuskan dan digantikan oleh persamaan akuntansi, dimana aktiva sebesar kewajiban ditambah modal atau ekuitas pemilik. Dalam membuat perubahan ini, yang interst kelompok pengguna yang lebih luas di luar pemerintah telah diakui, yaitu investor, kreditur, dan managemen perusahaan. Informasi akuntansi sekarang tidak hanya harus memenuhi persyaratan pengendalian makroekonomi nasional. Sehingga posisi keuangan suatu perusahaan dan hasil usaha dapat dipahami dan praktek keuangan dan administrasi diperkuat (pasal 11), informasi akuntansi juga sekarang harus memenuhi kebutuhan pengguna eksternal dan manajemen. Standar akuntansi mencakup asumsi dasar akuntansi, misalnya, kelangsungan, serta prinsip-prinsip umum pengukuran, misalnya, basis akrual, pencocokan, kehati-hatian, konsistensi, dan sebagainya. Selain beberapa persyaratan tertentu termasuk tentang definisi, pengukuran, dan penyajian aset, kewajiban, dan ekuitas pemilik.Sementara pemerintah, melalui Departemen Keuangan dan lembaga akuntansi resmi departemen urusan administrasi akuntansi (DAAA), telah menentukan dalam mereformasi accountin, adalah adil untuk mengatakan bahwa akuntansi organisasi khususnya Masyarakat Akuntansi Cina, badan swasta yang memupuk penelitian tentang teori akuntansi, praktek, dan pendidikan, telah memainkan peran penasehat penting. Masyarakat, establishied pada tahun 1980, mendirikan kelompok riset tahun 1987 tentang teori akuntansi dan dan standar dengan mayoritas anggotanya terdiri dari profesor universitas. Kegiatan kelompok ini didukung oleh DAAA dan laporan penelitian kelompok. Rekomendasi Standar Akuntansi, tampaknya telah memberikan masukan yang signifikan terhadap perkembangan standar akuntansi yang baru. Hal ini tampaknya juga kemungkinan bahwa DAAA akan bekerja sama dengan masyarakat untuk mengembangkan standar masa depan.Sehubungan dengan sisi berlatih profesi, fungsi audit, yang telah dihapuskan setelah berdirinya RRC, adalah kembali hanya pada tahun 1983 dengan estabilishment pemerintah Audit Administrasi. Demikian pula, Cina Institut Akuntan Publik resestabilished oleh pemerintah hanya pada tahun 1988. Dengan laju reformasi akuntansi saat ini ada kekurangan serius akuntan yang akrab dengan substansi persyaratan baru dan mampu mengelola proses implemenyayion. Dari staf 7 juta akuntansi saat ini bekerja di Cina, hanya sekitar thrty ribu memiliki pengalaman dalam usaha patungan, perusahaan swasta, perusahaan asing, atau perusahaan BPA. Namun, diperkirakan bahwa sekitar tiga ratus ribu profesional akuntan yang berkualitas akan dibutuhkan pada tahun 2000 yang dibutuhkan akuntansi cina adalah untuk dilayani secara memadai.Prinsip akuntansi dan praktek seperti yang telah kita mencatat, suatu pergeseran besar dari penekanan ini berlangsung di cina dari fokus utama pada kebutuhan informasi dari pemerintah, yang melibatkan perencanaan nasional dan perpajakan, untuk pandangan yang lebih luas kebutuhan pengguna yang meliputi orang-orang dari investor, kreditur, dan manajemen perusahaan. Pendekatan pembuatan keputusan yang lebih berorientasi mikro demikian didorong yang mempertahankan ukuran makroekonomi-balance kontrol sulit untuk menyerang diberikan tradisi cina keseragaman dan regulaion rinci. apalagi, tradisi ini tampaknya konsisten dengan nilai-nilai budaya cina didirikan dan karenanya akan berubah o sulit.laporan keuangan standart Akuntansi baru memerlukan penyajian neraca, laporan laba rugi, dan pernyataan dana yang panjang dengan laporan keuangan konsolidasian mana yang berlaku. format seragam yang diresepkan oleh Depkeu. Aset laporan keuangan model dan juga mereka dari tempat pembuatan bir Tsingtao (baru-baru ini tercatat di Bursa Efek hongkong exchange0 akan ditampilkan dalam lampiran bab ini, yang menunjukkan bahwa neraca dan laporan laba rugi presentasi sama dengan yang di negara-negara bersatu, Pengukuran praktek pendekatan cina untuk penilaian umumnya sangat konservatif dan didasarkan pada dia aplikasi yang ketat dari revaluasi biaya historis tidak diizinkan undless spesifically ditentukan oleh hukum. Dalam rangka untuk melindungi kreditur, cadangan hukum harus dibuat o 50 persen sama dari modal saham terdaftar dari alokasi laba sebesar 10 persen per tahun sampai dengan ukuran yang dibutuhkan cadangan tercapai. Selain itu, 5 sampai 10 persen dari keuntungan harus appropriatted untuk dana kesejahteraan bersama. Aktiva tetap umumnya disusutkan dengan menggunakan metode garis lurus. Tingkat penyusutan maksimum ditetapkan oleh undang-undang pajak. Sehubungan dengan persediaan, biaya produksi goodsold harus mencakup biaya bahan langsung, tenaga kerja langsung, dan overhead manifacturing. Administrasi, keuangan, dan beban penjualan harus diperhitungkan untuk biaya periode. Biaya persediaan dapat dihitung dengan menggunakan FIFO, rata-rata tertimbang, atau metode LIFO. Tetapi penggunaan, Äúlower biaya dan pasar, aturan Äù tidak diijinkan. Namun, dimungkinkan untuk membuat ketentuan-ketentuan kerugian persediaan atas dasar cacat atau absolescence dalam hal ini seperti kehilangan mungkin akan dikenakan biaya dalam laporan laba rugi berdasarkan penilaian nilai realisasi bersih. Investasi juga harus dicatat sebesar harga perolehan. kontrak jangka panjang mungkin akan dipertanggungjawabkan dengan baik persentase-of-completion atau metode kontrak selesai. Penyisihan umum untuk hutang buruk diizinkan meskipun ini tidak boleh melebihi 3 persen dari jumlah saldo hutang pada akhir tahun keuangan. Sehubungan dengan tidak berwujud seperti lisensi teknologi, paten, merek dagang, dan hak untuk menggunakan tanah (yang milik negara), ini harus dicatat dan historis biaya dan diamortisasi selama masa manfaat ekonomis dengan menggunakan metode garis lurus. Beban pengembangan juga dapat dikapitalisasi dikenakan amortisasi. Beban Formasi juga mungkin dikapitalisasi tetapi lagi dikenakan amortisasi. Pada pertanyaan tentang penjabaran mata uang asing, barang-barang non moneter dicatat berdasarkan kurs historis. item Moneter, di sisi lain, diperlakukan sebagai terkena pertukaran perubahan tingkat, dan keuntungan dan kerugian selisih semua harus diambil untuk laporan laba rugi. isu-isu akuntansi utama yang menjadi perhatian saat ini di Cina termasuk akuntansi untuk perubahan harga, yang mencerminkan pentingnya tingkat inflasi baru-baru ini pada hingga sekitar 30 persen per tahun di beberapa daerah, dan perlakuan terhadap saldo aktiva tidak berwujud, terutama penggunaan tanah hak.Konsolidasi praktek Akuntansi combinaion bisnis dan penyajian laporan keuangan Neraca merupakan perkembangan yang relatif baru-baru ini di cina. Standart akuntansi baru memerlukan konsolidasi dimana mayoritas kepemilikan atau kontrol ada dalam hubungannya dengan perusahaan lain. kebijakan akuntansi Seragam biasanya harus diikuti. Penggunaan metode pembelian konsolidasi biasanya diperlukan, dan goodwill pun harus diamortisasi. Penggunaan langsung write-metode ini tidak diijinkan. Ekuitas investasi 25% atau lebih, tidak penjamin pengobatan sebagai anak, harus dicatat dengan metode ekuitas. Penjabaran laporan laba rugi anak perusahaan foreigh harus berada di tingkat rata-rata tertimbang excahange periode. Metode tarif saat ini harus digunakan untuk neraca, dengan perbedaan dalam terjemahan untuk dicatat dalam cadangan. Sistem karyawan sebuah pendekatan yang relatif rahasia dengan keterbukaan dalam informasi segmen hanya diperlukan sehubungan dengan penjualan menurut lini bisnis dan untuk ekspor agregat.
China :
Konsolidasi :
- Akuntansi kombinasi bisnis dan penyajian laporan keuangan.
- Metode pembelian konsolidasi diperlukan goodwill di amortisasi
- Laporan laba rugi anak perusahaan dijabarkan
Financial statement :
- Penyajian laporan keuangannya dimulai dari neraca, laporan laba rugi, dan pernyataan dana yang panjang dengan laporan keuangan konsolidasian mana yang berlaku
- neraca dan laporan laba rugi presentasi sama dengan yang di negara-negara bersatu
Measurement of asset and Profit :
- keuntungan harus appropriatted untuk dana kesejahteraan bersama
- Aktiva tetap umumnya disusutkan dengan menggunakan metode garis lurus
- Tingkat penyusutan maksimum ditetapkan oleh undang-undang pajak
- Biaya persediaan dapat dihitung dengan menggunakan FIFO, rata-rata tertimbang, atau metode LIFO
- Administrasi, keuangan, dan beban penjualan harus diperhitungkan untuk biaya periode
Tidak ada komentar:
Posting Komentar