Cari Blog Ini

Minggu, 16 Oktober 2011

INCOME STATEMENT


Income Statement
FASB dalam SFAC Nomor 1 telah menerangkan tujuan utama pelaporan keuangan adalah untuk menyediakan informasi tentang kinerja perusahaan melalui ukuran pendapatan. Income Statement (Laporan Laba Rugi) merupakan sesuatu yang utama bagi perusahaan terkait ukuran pendapatan. Income statement memiliki nilai prediktif sesuai karakteristik kualitatif yang didefinisikan dalam SFAC Nomor 2. Income statement memiliki nilai sebagai ukuran arus kasa masa depan, yakni sebagai ukuran dari efisiensi manajemen dan panduan dalam pencapaian tujuan manajerial.
Di sisi yang lain, investor merupakan fokus utama dalam lingkungan pelaporan keuangan. Sumber daya investor (current resources) yang digunakan perusahaan untuk memperoleh keuntungan mengandung sifat ketidakpastian atas arus kas masa depan (future-uncertain resources). Sebagai konsekuensinya, investor dalam kondisi seperti ini memerlukan informasi yang yang dapat membantu mereka untuk menilai arus kas di masa yang akan datang. Seperti kita ketahui bersama, pelaporan keuangan memiliki beberapa konsekuensi ekonomis (economic consequences of financial reporting) yakni:
1.Informasi keuangan dapat mempengaruhi distribusi kekayaan diantara investor. Investor yang memperoleh informasih lebih banyak (mempekerjakan analis sekuritas) mungkin mampu meningkatkan kekayaan mereka daripada investor yang kurang informasi.
2. Informasi keuangan dapat mempengaruhi tingkatan risiko yang diterima perusahaan. Fokus pada jangka pendek, memiliki risiko lebih kecil, tetapi mungkin mengandung efek-efek jangka panjang yang merugikan (long-term detrimental effects).
3. Informasi keuangan dapat mempengaruhi tingkat formasi modal dalam ekonomi dan menghasilkan realokasi kekayaan antara konsumsi dan investasi dalam ekonomi.
4. Informasi keuangan dapat mempengaruhi bagaimana investasi dialokasikan dalam perusahaan.
Konsekuensi-konsekuensi ekonomis inilah yang seharusya dipertimbangkan oleh FASB dan SEC, sebagai organisasi penyusun standar akuntansi, mengingat pengaruh yang ditimbulkan oleh masing-masing konsekuensi di atas akan berbeda-beda bagi para pengguna informasi keuangan.
.
INCOME STATEMENT ELEMENTS
Penekanan fungsi income statement sebagai sarana komunikasi untuk menyampaikan penilaian kinerja kepada investor menyebabkan pembahasan berkelanjutan diantara para akuntan tentang identifikasi yang tepat atas elemen-elemen yang dikandungnya, yakni pendapatan, keuntungan, beban, dan kerugian.
SFAC Nomor 6
FASB menerbitkan SFAC no.6 yang mendefinisikan elemen-elemen income statement sebagai berikut :
1. Pendapatan, merupakan arus masuk atau peningkatan aset lainnya dari suatu entitas ATAU pengurangan kewajiban (ATAU gabungan keduanya) selama periode tertentu, yang diperoleh dari penjualan barang, penyediaan jasa atau aktifitas lain yang merupakan operasi utama perusahaan.
2. Keuntungan, merupakan peningkatan aset bersih yang berasal dari transakti peripheral atau insidental suatu entitas DAN dari transaksi lainnya, kegiatan lainnya, dan keadaan-keadaan yang mempengaruhi entitas tersebut selama satu periode KECUALI yang berasal dari pendapatan atau investasi dari pemilik.
3. Beban, arus keluar atau penggunaan aset lainnya ATAU timbulnya kewajiban (ATAU kombinasi keduanya) selama satu periode mulai dari penyerahan atau produksi barang, pemberian jasa atau aktifitas lain yang merupakan operasi utama perusahaan.
4. Kerugian, penurunan nilai aset bersih yang berasal dari transaksi yang bersifa peripheral atau insidental dari suatu entitas DAN dari semua transaksi lain serta dari peristiwa lain DAN keadaan-keadaan yang mempengaruhi entitas tersebut selama satu periode KECUALI yang termasuk beban atau distribusi kepada pemilik.
.
Dari definisi elemen-elemen income statement diatas, tampak bahwa FASB berusaha menggeser terminologi APB yang menekankan pada arus masuk dan arus keluar, realisasi, dan konsep penandingan. FASB telah menggunakan perubahan aset dan/atau kewajiban dalam kriteria pengakuan dan pengukuran. Dan sebagai dampaknya, kini neraca tampil lebih dari sekedar tempat menyimpan NILAI SISA dalam proses penentuan pendapatan.
Perbandingan atas kedua konsep diatas adalah :
No. FASB (perubahan aktiva/kewajiban) APB (inflows/outflows)
1. Sebagai alat ukur perubahan sumber daya ekonomi Sebagai alat ukur efektifitas perusahaan
2. Tergantung pada definisi aktiva dan kewajiban untuk menentukan laba Tergantung pada definisi pendapatan dan beban dan menandingkan keduanya untuk menentukan income
3. Mengakui hal-hal yang ditangguhkan hanya saat merupakan sumber daya atau kewajiban ekonomi Membentuk biaya dan hutang yang ditangguhkan dan cadangan ketika menghitung income
4. Keduanya sepakat bahwa laporan laba rugi lebih penting dari neraca karena dapat meramal arus sumber daya dia masa yang akan dating
5. Membatasi populasi pada kejadian-kejadian yang mengakibatkan perubahan sumber daya ekonomis Pendapatan dan beban meliputi seluruh item yang diperlukan untuk menandingkan pendapatan dan biaya
.
Dalam teori akuntasni dikenal dua pendekatan dalam menilai hubungan antara balance sheet dan income statement, yakni articulated dan non-articulated. Pendekatan articulated berarti income statement dianggap sebagai subklasifikasi dari pos modal. Laba rugi hanya merupakan hasil matematis yang berasal dari perubahan modal dari satu periode ke periode yang lainnya.
Dalam pendekatan articulated ada dua konsep, yaitu konsep revenue-expense approach dan asset-liability approach. Dalam konsep pertama, revenue expense, income statement diaggap laporan yang paling utama dimana semua transaksi dpandang sebagai pos revenue dan expense, semua transaksi dinggap sebagai pengakuan laba (matching), pengukuran laba dan alokasi ke laba rugi.
Dalam konsep ini yang dipindahkan ke neraca adalah by product dari hasil pengakuan laba atau matching tadi. Artinya yang dicatat ke neraca hanya deferred credits (liabilities) dan deferred charges (asset).
Sementara dalam pendekatan non-articulated, balance sheet dan income statement secara matematis independen satu sama lain. Pendekatan ini banyak menjadi perhatian karena ada transaksi yang tidak memengaruhi laba tetapi langsung dipindah ke pos yang bukan hasil dan bukan biaya. Misalnya, ada kerugian sementara yang langsung dianggap merupakan penyesuaian terhadap unrealized capital (SFAS No. 12)
INCOME STATEMENT FORMAT
Pertanyaan yang kemudian timbul adalah : format income statement seperti apakah yang diinginkan oleh berbagai pengguna laporan keuangan? Dua pendapat yang kemudian mendominasi diskusi ini adalah current operating performance concept dan all-inclusive concept.
.
Current Operating Performance Concept
Konsep ini berpendapat bahwa hanya perubahan dan kejadian yang dapat dikendalikan oleh manajemen yang dihasilkan dari keputusan periode sekarang yang seharusnya dimasukkan dalam laba. Hanya hal-hal yang NORMAL dan BERULANG yang seharusnya membentuk ukuran dasar kinerja perusahaan. Maka LABA BERSIH pun harus mencerminkan AKTIFITAS HARI KE HARI.

All-inclusive Concept
Konsep ini berpendapat bahwa laba bersih harus mencerminkan SEMUA ITEM yang mempengaruhi KENAIKAN atau PENURUNAN ekuitas pemegang saham selama satu periode, dengan pengecualian dari transaksi modal. LABA BERSIH TOTAL ditentukan dengan MENJUMLAHKAN LABA BERSIH PERIODIK.
FASB dalam SFAC No.5 mencatat bahwa laporan laba rugi menurut all-inclusive dimaksudkan untuk menghindari penghapusan informasi secara bebas dari laporan keuangan, walaupun pencantuman keuntungan atau kerugian yang tidak biasa dan tidak berulang-ulang mungkin dapat mengurangi fungsi dari laporan laba rugi dalam satu tahun untuk tujuan prediksi.
Kedua konsep ini hanya berkontroversi dalam bagaimana informasi keuangan ditampilkan, tempat dimana pendapatan, beban, keuntungan, dan kerugian ditampilkan. Namun yang lebih penting, sejatinya kedua konsep ini setuju dengan informasi yang harus disajikan. Sedangkan penelitian menunjukkan bahwa investor tidak terpengaruh dengan tempat dimana item dilaporkan dalam laporan keuangan selama pernyataan itu menyajikan informasi yang sama. Dengan kata lain, kontroversi dari kedua konsep ini menjadi suatu yang TIDAK PENTING.
.
APB OPINION NO. 9
Salah satu masalah yang pertama kali dipelajari APB adalah apa yang termasuk dalam laba bersih. Kurangnya batasan formasl mengenai penyesuaian laba ditahan ternyata menghasilkan banyak ketidakseragaman dalam praktik bisnis.
Dalam salah satu hasil studinya tentang penyalahgunaan laporan dan peninjauan umum secara menyeluruh dari pendapatan, APB kemudian menerbitkan APB No.9 tentang “Reporting The Result of The Operation“. APB No.9 mencoba untuk mengambil jalan tengah antara current operating performance concept dan all-inclusive concept.
Secara umum, APB No.9 memberi ketentuan bahwa semua item dianggap NORMAL dan BERULANG kecuali jika memenuhi persyaratan yang ditetapkan untuk pengklasifikasian baik sebagai extraordinary item maupun penyesuain periode sebelumnya. APB No. 9 mewajibkan penyusun laporan keuangan untuk menentukan apakah pendapatan, beban, keuntungan, dan kerugian secara tepat diklasifikasikan sebagai :
1. hal normal yang berulang-ulang,
2. kejadian luar biasa (extraordinary item),
3. penyesuaian terhadap periode sebelumnya sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan .
Maka LABA BERSIH seharusnya menggambarkan seluruh pos keuntungan dan kerugian yang diakui selama periode, dengan pengecualian penyesuaian terhadap periode sebelumnya. Format laporan yang ditentukan memuat dua bentuk laba, yakni laba bersih dari operasi dan laba bersih operasi ditambah extraordinary item. Hal ini memberikan kemampuan bagi pengguna laporan keuangan untuk melakukan evaluasi hasil operasi normal atau total laba setelah extraordinary item sesuai dengan kebutuhan mereka.
.
1. Income from Continuing Operations
Jumlah yang diperlihatkan untuk laba dari operasi berkelanjutan adalah pendapatan dan beban normal perusahaan yang berulang-ulang. ANGKA LABA menggambarkan jumlah yang dapat diperoleh kembali di masa depan. Bahkan sering merujuk pada laba perusahaan yang dapat dipertahankan sebagai titik awal bagi investor untuk memprediksi pendapatan masa depan.
2. Income from Nonrecurring Items
Ada tiga macam pendapatan tidak biasa yang mungkin diperoleh oleh sebuah perusahaan yang harus diungkapkan, yakni : operasi yang dihentikan, extraordinary item, dan perubahan prinsip akuntansi.
Discontinued Operations
Sebuah studi menyebutkan bahwa terjadi beberapa penyimpangan dalam pelaporan terkait penerapan opini APB no.9 terkait penyajian hasil penjualan bagian aset sebagai extraordinary namun memasukkan pendapatan dari bagian ini selama periode penjualan sebagai laba biasa.
Maka APB No. 30 diterbitkan untuk menyimpulkan kriteria tambahan untuk mengidentifikasi bagian bisnis yang akan dijual dengan mensyaratkan penyajian terpisah atas :
(1) hasil operasi dari segmen yang dihentikan,
(2) keuntungan atau kerugian pada penjualan aset untuk segmen yang dihentikan termasuk adanya keuntungan dan kerugian operasional selama periode penghentian.
Total keuntungan atau kerugian ditentukan dengan menjumlahkan semua keuntungan atau kerugian pada penjualan bagian aset, dan keuntungan atau kerugian yang dihasilkan oleh kegiatan penghapusan segmen selama masa penghapusan.
APB No.30 kemudian diamandemen dengan SFAS No. 144 tentang “Accounting for Impairment or Disposal of Long-Lived Assets“. Untuk memenuhi syarat untuk diperlakukan sebagai sebuah operasi yang dihentikan harus memenuhi beberapa kriteria, yakni :
(1) Unit yang dihentikan harus dianggap sebagai sebuah “komponen” bisnis. Definisi “komponen” didasarkan pada pengertian operasi dan arus kas yang dapat dibedakan. “Komponen” ini dapat berupa segmen, bagian, divisi operasi, lini bisnis, anak perusahaan, dan lain-lain, tergantung kegiatan bisnis dimana entitas beroperasi.
Sedangkan untuk mengasumsikan sebuah “komponen” sebagai kegiatan operasi yang dihentikan harus memenuhi dua kriteria tambahan, yaitu :
(i) operasi dan arus kas dari komponen yang dihentikan harus dihilangkan dari hasil transaksi operasional dan arus kas entitasnya,
(ii) entitas tidak boleh memiliki keterlibatan yang signifikan dalam operasi komponen setelah penjualan berlangsung.
(2) Saat manajemen memutuskan untuk menjual suatu komponen, maka aktiva dan kewajiban komponen diklasifikasikan “held for sale” di dalam balance sheet. Kemudian, apabila penghentian komponen telah dilakukan, hasil dari operasi komponen harus dilaporkan dalam income statement sebagai discontinued operations dan dicantumkan tepat dibawah bagian income from continuing operations. Hasil ini dilaporkan bersih setelah dikurangi pajak. Keuntungan atau kerugian penjualan kemudian baru diungkapkan di catatan atas laporan keuangan (CaLK).
.
Extraordinary Items
APB No.9 mendefinisikan extraordinary item sebagai kejadian dan transaksi yang mempunyai efek material yang tidak diharapkan sering terjadi dan tidak dianggap sebagai faktor yang berulang-ulang dalam setiap evaluasi proses bisnis yang wajar.
APB kemudian membuat review di tahun 1973 tentang kegunaan definisi extraordinary item yang ternyata mendapatkan kesimpulan bahwa pendapatan dan beban tidak dikelompokkan dengan cara yang sama melalui spektrum bisnis perusahaan. Bisnis tidak mengintepretasikan APB No. 9 dengan cara yang sama dan lebih banyak kriteria spesifik yang dibutuhkan untuk menjamin intepretasi yang lebih seragam atas ketetapannya.
Maka diterbitkanlah APB No. 30 tentang “Reporting The Result of Operations” yang mendefiniskan extraordinary item sebagai kejadian dan transaksi yang dibedakan oleh sifat sebagai berikut :
(1) Unusual nature, kejadian atau transaksi harus memiliki tingkat ketidakwajaran yang tinggi dan tidak berhubungan atau hanya secara kebetulan berhubungan dengan aktivitas biasa.
Karena suatu perubahan filosofi, beberapa hal yang dulunya didefinisikan sebagai extraordinary item dalam APB No.9 kini dikeluarkan dari APB No. 30 yakni :
- penurunan dan penghapusan piutang, persediaan, peralatan yang dileasing kepada pihak lain, biaya penelitian dan pengembangan yang ditangguhkan, atau aset tidak berwujud lainnya,
- keuntungan atau kerugian dari penjualan bagian bisnis,
- keuntungan atau kerugian lainnya dalam penjualan atau penghancuran properti (kekayaan), pabrik, dan peralatan yang digunakan dalam bisnis,
- akibat pemogokan,
- penyesuaian kontrak jangka panjang akrual.
Hal ini menyebabkan jumlah pendapatan dan beban yang diijinkan untuk dilaporkan sebagai extraordinary item berkurang signifikan.
(2) Infrequency of occurance, kejadian atau transaksi tersebut secara masuk akal diperkirakan tidak akan terjadi lagi di masa yang akan datang.
Dalam APB No.9 pemisahan extraordinary item dari item lainnya dalam laporan laba rugi tidak dipisahkan menurut item yang berulang dan tidak berulang. Item yang jarang terjadi namun bukan tidak biasa diklasifikasikan sebagai laba non operasi dalam kelompok keuntungan dan kerugian lainnya dalam income statement. Penelitian mengindikasikan persyaratan ini sebagai sebuah inkonsistensi kecuali FASB mewajibkan catatan kaki pengungkapan atas efek kejadian tidak teratur pada laba dan pendapatan per lembar saham (EPS).
Perubahan Prinsip Akuntansi
Standar akuntansi atas kekonsistenan menyatakan bahwa transaksi yang sama seharusnya dilaporkan dengan cara yang sama setiap tahun. Namun manajemen seharusnya memilih perangkat praktik akuntansi yang paling tepat menyajikan sumber daya dan kinerja unit pelaporan dan terus menggunakan praktik tersebut setiap tahunnya. Sehingga terkadang, perusahaan dapat menjumpai bahwa pelaporan berkembang oleh perubahan metode atau perubahan prosedur mungkin diperintahkan oleh FASB atau SEC.
Pertanyaan mendasar yang kemudian muncul adalah : haruskah laporan keuangan yang telah diterbitkan sebelumnya diubah untuk menggambarkan metode atau prosedur yang baru?
Dalam APB no. 20 tentang “Accounting Channges” mengindentifikasikan tiga jenis perubahan akuntansi dan mendiskusikan penyiapan laporan keuangan. Bahkan dewan merekomendasikan sebuah kelayakan penyajian retroaktif (bergaya membalik) atas ketiga macam perubahan prinsip akuntansi dan error di bawah ini.
(i) Perubahan dalam prinsip-prinsip akuntansi
Jenis perubahan ini terjadi jika suatu entitas mengadopsi GAAP yang berbeda dari yang sebelumnya digunakan untuk tujuan pelaporan. Contohnya perubahan penghitungan persediaan dari LIFO ke FIFO.
Jika prinsip akuntansi diubah, maka perusahaan menampilkan laporan keuangan tahun-tahun sebelum perubahan dilakukan. Efek perubahan dikumulatifkan pada tahun perubahan dilakukan dan ditampilkan diantara laba bersih dan extraordinary item.
SFAS No. 154 tentang “Accounting Changes and Error Corrections” mensyaratkan aplikasi retrospective ke periode sebelumnya.
1. Aplikasi prinsip yang baru ke dalam periode akuntansi sebelumnya sebagaimana jika perubahan prinsip diterapkan di periode-periode sebelumnya
2. Penyesuaian laporan keuangan yang diterbitkan sebelumnya untuk menunjukkan perubahan entitas pelaporan
3. Revisi laporan keuangan yang diterbitkan sebelumnya untuk menunjukkan koreksi atas kesalahan
(ii) Perubahan dalam estimasi akuntansi
Penyajian laporan keuangan mensyaratkan estimasi dari kejadian di masa depan dan estimasi seperti itu adalah sasaran dilakukannya review berkala (akibat dari kebutuhan penyajian periodok). Contohnya perubahan perkiraan umur aktiva yang dapat didepresiasi atau estimasi kolektabilitas piutang.
Perubahan ini tidak membutuhkan penyesuaian terhadap laporan keuangan tahun-tahun sebelumnya yang telah diterbitkan. Perubahan yang terjadi hanya berpengaruh pada tahun terjadinya perubahan dan tahun-tahun berikutnya.
(iii) Perubahan entitas pelaporan
Perubahan jenis ini disebabkan oleh perubahan unit pelaporan yang mungkin disebabkan oleh penggabungan usaha, perubahan spesifik anak perusahaan, atau perubahan konsolidasi.
Perubahan dalam pelaporan harus diungkapkan secara retroaktif dengan menyatakan kembali laporan keuangan tahun-tahun sebelumnya dengan asumsi unit pelaporan baru telah diterapkan di laporan keuangan tahun-tahun sebelumnya. Penerbitan kembali laporan laporan keuangan tahun sebelumnya bertujuan untuk membandingkan hasil dari perubahan pelaporan keuangan yang baru dan yang lama. Selain itu, efek perubahan pelaporan terhadap pendapatan operasi, laba bersih, dan laba per saham terkait harus diungkapkan sebagai perbandingan.
(iv) Error
Kesalahan tidak dipandang sebagai suatu perubahan akuntansi, namun hasil dari kesalahan perhitungan matematis dan penggunaan metode akuntansi yang salah. Error didefinisikan sebagai prior period adjustment. Contoh error adalah :
1. Perubahan praktek akuntansi yang awalnya tidak diterima menjadi diterima.
2. Kesalahan matematis, klerikal.
3. Kelalaian menambahkan atau menangguhkan pendapatan dan biaya di akhir periode akuntansi.
4. Salah pengklasifikasian biaya dan beban.
Dalam SFAS No. 16, periode dimana error ditemukan, jenis kesalahan dan efeknya terhadap pendapatan operasi, laba bersih dan laba per saham terkait harus diungkapkan. Persyaratan ini merupakan perluasan logis dari perbaikan secara retroaktif yang diperlukan untuk perubahan-perubahan akuntansi. Dengan menyediakan perbaikan retroaktif, pengguna bisa mempredikasi dengan lebih baik prestasi perusahaan seiring berjalannya waktu dengan tepat.
Terdapat error yang bersifat counterbalanced apabila error tidak ditemukan dalam dua tahun. Error ini tidak memerlukan penyesuaian apabila ditemukan setelah dua tahun. Apabila error tidak bersifat counterbalanced, maka penyesuaian harus diungkapkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar