Sistem Informasi Pemasaran ( SIP )
Definisi Pemasaran
Area fungsional pertama yang menggunakan SIM.
Definisi Sistem Informasi Pemasaran :
Suatu sistem berbasis komputer yang bekerja sama dengan sistem informasi fungsional lain untuk mendukung manajemen perusahaan dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan pemasaran produk.
Tiga subsistem SIP
1. Sistem Informasi Akuntansi ( SIA ), SIA menyediakan data untuk laporan periodik, laporan khusus, model matematika dan model berbasis pengetahuan.
2. Riset pemasaran , Manajer menggunakan riset pemasaran untuk mengumpulkan informasi.
3. Intelijen pemasaran, Aktivitas etis yang digunakan untuk mendapatkan informasi tentang pesaing.
Model SIP
1. Output ( product, place, price, promotion, integrated mix )
2. Database
3. Input ( AIS, Marketing research, Marketing intelligence )
SIP digunakan oleh manajer :
1. Industri besar menggunakan komputer sebagai alat pemasaran Untuk mengetahui keinginan dan kebutuhan konsumen, Untuk memformulasikan bauran pemasaran, Untuk menindaklanjuti seberapa baik bauran diterima konsumen.
2. Output informasi digunakan dalam perusahaan.
Contoh SIP
Sistem informasi pemasaran selalu digunakan oleh bagin pemasaran dalam sebuah perusahaan untuk memesarkan produk2 perusahaan tersebut.sistem informasi ini merupakan gabungan dari keputusan yg berkaitan dengan:
1. Produk
2. Tempat
3. Promosi
4. Harga produk
Tidak ada komentar:
Posting Komentar